Sabtu, 13 April 2013

contoh laporan PRAKERIN SMK


laporan PRAKERIN SMK


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dengan semakin majunya perkembangan teknologi di masa sekarang ini, menuntut kita agar dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang kita miliki agar dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan yang telah ada.
Di Asia tenggara khususnya di Indonesia boleh dikata dalam hal kemajuan teknologi dan tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas masih jauh tertinggal bila dibandingkan dengan negara tetangga kita seperti, Singapura, Malaysia, dan Filipina yang sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat besar, baik itu di bidang teknologi, ekonomi, bahkan di bidang politik sekalipun.
Menyadari kemajuan besar yang telah dicapai negara tetangga kita tersebut, pemerintahan kita mulai terbenahi dan berusaha mengejar ketertinggalan yang dialami dengan mengeluarkan sejumlah kebijakan-kebijakan yang dapat mendorong dan menumbuhkan teknologi dan perekonomian negara kita menjadi lebih maju. Yakni salah satunya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Dari yang sebelumnya pasif, menjadi SDM yang aktif, berkualitas dan siap kerja melalui pendidikan dan pelatihan, baik formal, maupun nonformal.
Menciptakan SDM yang berkualitas, aktif dan siap kerja melalui jalur pendidikan formal, salah satunya dapat dilakukan melalui sekolah menengah kejuruan (SMK) yang merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan umum saja kepada anak didiknya, tetapi juga mengajarkan, berbagai keahlian dan keterampilan yang nantinya dapat mereka gunakan untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha selepas lulus dari sekolah dan tidak mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi karena berbagai alasan ataupun pertimbangan yang harus dihadapinya.

Di sekolah menengah kejuruan (SMK), di sana diberikan bermacam-macam keahlian dan keterampilan dari tenaga pengajar yang ahli dan berkompeten di bidangnya masing-masing berdasarkan jurusan yang mereka pilih. Di samping itu mereka juga tetap mendapatkan ilmu pengetahuan umum. Tidak hanya itu, pra siswa dan siswi SMK, juga dilibatkan langsung ke dalam dunia usaha atau industri untuk memberikan pengalaman secara nyata mengenai seperti apa dunia usaha atau industri yang sesungguhnya melalui kegiatan praktek kerja industri (PRAKERIN). Dengan menempatkan mereka bekerja di industri-industri, perusahaan kantor ataupun di toko besar selama 3 bulan lamanya.
Diharapkan dengan adanya program kegiatan praktek lapangan kerja yang khususnya diadakan oleh pihak SMK tersebut, bermanfaat untuk memberikan sedikit banyaknya bayangan mengenai dunia usaha atau industri yang mereka pelajari di bangku sekolah.

B.     Rumusan Masalah
Berbagai kendala yang umumnya dihadapi dalam pelaksanaan PRAKERIN ini adalah pengadaan lokasi praktek kerja lapangan bagi siswa dan siswi SMK. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa dunia usaha atau industri, perkantoran, mall, swalayan dan toko-toko besar, restaurant, dan café-café besar uumnya banyak terdapat di kota-kota besar atau pusat kota, sehingga SMK yang berada di daerah kecil (pedesaan) ataupun di provinsi yang baru berkembang dimana dunia usaha atau industrinya masih kurang , terpaksa harus mencari lokasi praktek di daerah perkotaan agar dapat menempatkan mereka semua yang mungkin lokasinya jauh dari rumah sehingga biaya yang mereka harus keluarkan jumlahnya lumayan besar, karena harus menyewa rumah tinggal sementara bagi mereka yang tidak memiliki keluarga di perkotaan, biaya praktek, dan lain-lain sehingga bagi murid yang berasal dari keluarga menengah ke bawah, hal tersebut tentu memberatkan mereka.
Belum lagi mereka harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru bagi mereka secara cepat agar dapat melaksanakan praktek kerja dengan maksimal. Selain itu sebahagian tempat praktek kerja masih ada yang kurang memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kerja kepada siswa praktek atau magang karena berbagai alasan dan pertimbangan sehingga siswa PKL, yang kesannya hanya dijadikan pesuruh atau OB (Office Boy) di tempat mereka praktek, padahal sama sekali tidak ada hubungannya dengan jurusan dan tujuan prakteknya.

C.    Tujuan Pelaksanaan
1.      Menghasilkan tenaga yang memiliki keahlian profesional (dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja)
2.      Memperkokoh “ Lind and Math” antara sekolah dengan dunia usaha/ dunia industri.
3.      Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan atas kinerja sebagai bagian dari proses pendidikan.



BAB II
PEMBAHASAN

Pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN) yang saya lakukan ini  diselenggarakan oleh pihak SMK NEGERI LABUANG POLMAN SULAWESI BARAT, dengan menempatkan siswa siswi mereka di beberapa titik dunia usaha atau kerja yang berada di kota Makassar Sulawesi Selatan.
Terpilihnya kota Makassar Sulawesi Selatan sebagai lokasi praktek kerja industri oleh pihak SMK NEGERI LABUANG, karena lokasinya sangat strategis dan juga merupakan pusat kota yang tingkat kemajuan dunia usaha dan industrinya lebih berkembang maju dan besar untuk kawasan Indonesia Timur. Sehingga tidak akan begitu sulit untuk mencari lokasi praktek kerja untuk seluruh siswa siswi SMK yang akan melaksanakan praktek kerja.
Rencananya praktek kerja industri (PRAKERIN) ini akan berlangsung selama 4 bulan, terhitung mulai tanggal 09 Januari sampai tanggal 4 Mei 2010, dan seluruh murid SMK NEGERI LABUANG  wajib mengikutinya, karena praktek kerja industri ini merupakan salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya dari kegiatan yang ada di sekolah kejuruan karena merupakan suatu keharusan yang harus dijalani oleh seluruh siswa yang melaksanakan pendidikan di sekolah menengah kejuruan.
Adapun lokasi praktek kerja industri dimana saya di tempatkan sekarang ini untuk melaksanakan tugas praktek bertempat di CV. Ns Computer yang berada di lantai 2  Mall Pannakukang Square di jalan Adyaksa Makassar Sulawesi Selatan yang bergerak di bidang usaha penjualan accessories Computer (alat-alat komputer) seperti perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (software). Kontraktor perdagangan umum yang juga sebagai dealer komputer dengan kapasitas produksinya menengah dan jangkauan pemasarannya ke nusantara. Bidang usaha ini sangat sesuai dengan jurusan yang saya pilih di SMK yakni teknik komputer dan jaringan (TKJ). Mungkin karena alasan tersebutlah sehingga saya ditempatkan di  Ns. Computer ini.
Di CV. Ns Computer, saya memperoleh bimbingan dari Bapak Ir. Asymurfi dan Ibu Ir. Aswartani. A, selaku pimpinan dan penanggung jawab utama di tempat tersebut. Beliau berdua banyak sekali memberikan bantuan dan kesempatan untuk mempelajari bagian hal yang berkaitan langsung dengan komputer, sehingga banyak hal-hal baru yang bermanfaat yang saya peroleh selama menjalani komputer ini. Beliau berdua juga memberikan kepercayaan dan tanggung jawab yang penuh kepada saya untuk belajar bagaimana menjalankan usaha seperti menjual (melayani costumer) dengan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan.
Sehingga ilmu yang saya peroleh selama melakukan prakesin ini tidak hanya seputar merakit, menginstal dan mengetahui bagian-bagian komputer saja tetapi saya juga banyak belajar mengenai bidang pemasaran dan penjualan alat-alat komputer yang banyak dibeli masyarakat, keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing merk alat-alat komputer.
Dan hal tersebut di atas pengalaman baru yang tidak akan saya dapatkan atau temui di sekolah saya dan hanya akan saya temui atau peroleh tempat praktek kerja semacam ini. Dengan begitu saya dapat merasakan betul manfaat yang diberikan melalui praktek kerja tersebut.
Dan adapun apa yang menjadi tujuan utama dari pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN) yang telah diuraikan sebelumnya dapat terpenuhi sebagaimana mestinya.
Adapun kendala-kendala yang saya temui selama praktek tidak begitu berat dan sifatnya hanya lebih kepada faktor financial saja.  



LAPORAN KEGIATAN DAN URAIAN KEGIATAN

No.
Hari, Tanggal
Jenis Kegiatan
Uraian Kegiatan
Paraf Pembimbing
1.       
Sabtu, 09/01/2010
Pengenalan alat-alat komputer
Seperti : Sofcase, Mouse, card reader flash disk

2.       
Minggu, 10/01/2010
Pengenalan warless (tanpa kabel)
Seperti : Mouse tanpa kabel dan Bluetooth

3.    
Senin, 11/01/2010
Thin client SD 800 L – Membangun dengan menggunakan I CUP
Alat yang dapat digunakan untuk komputer lebih dari satu

4.       
Selasa, 12/01/2010
Pengenalan jenis-jenis modem
Seperti GSM dan CDMA

5.       
Rabu, 13/01/201
Perangkat interface serial
Menggunakan perangkat paralel, mouse setelah masuk semal tidak pakai printer (alat-alat praktis)

6.       
Kamis, 14/01/2010
Penggunaan pemasangan hardisk ata dan sata
Menjelaskan ata menggunakan kabel paralel sedangkan sata menggunakan kabel

7.       
Jum’at 15/01/2010
Teknik pemasangan sound system
Seperti: speaker 2, channel: 5 channel ada yang pakai SUB  woofer untuk mengeraskan







8.       
Sabtu 16/01/2010
Menjual
Suara bass seperti: card recder mouse dan headphone

9.       
Senin, 17/01/2010
Marketing
Teknik menawarkan produk-produk alat komputer (computer flow)

10.   
Selasa, 18/01/2010
Pengenalan Bluetooth
Mencari macam-macam Bluetooth

11.   
Rabu, 20/01/2010
Mencari macam-macam modem
Seperti: GSM ada 2 macam CDMA 1 macam, adaptor dan laser pointer (polpen)

12.   
Kami, 21/01/2010
Menjual
Mouse dan card reader 

13.   
Jumat, 22/01/2010
Menentukan kapasitas media CD. ROOM, DVD. ROOM 
1.      Dvd. Room Merek (C-Match) Ketepatannya 16 X 120 Min 4,7 Gb
2.      CD. ROOM ketepatannya 52 x min (700 MB) 

14.   
Sabtu, 23/01/2010
Menjual
Flash disk, kabel CD, Mouse dan Bluetooth

15.   
Minggu, 24/01/2010
SDA
CD, Mouse dan Bluetooth

16.   
Senin, 25/01/2010
Cara menawarkan produk yang membuat pembeli merasa senang dan menang
Cara tawar-menawar antara penjual dan pembeli

17.   
Selasa, 26/01/2010
SDA
SDA

18.   
Rabu, 27/01/2010
Menjual
Flash disk

19.   
Kamis, 28/01/2010
SDA
Card reader

20.   
Jumat, 29/01/2010
SDA
Tidak ada

21.   
Sabtu, 30/01/2010
SDA
Flash disk

22.   
Minggu, 01/02/2010
Menjual
Kabel power dan USB

23.   
Senin, 02/02/2010
SDA
Konektor dan hedzed

24.   
Selasa, 3/02/2010
SDA
Tidak ada

25.   
Rabu, 04/02/2010
SDA
Tidak ada

26.   
Kamis, 05/02/2010
SDA
Note book

27.   
Jumat, 06/02/2010
SDA
Speaker dan CD

28.   
Sabtu, 07/02/2010
SDA
Flash disk, Skin

29.   
Minggu, 08/02/2010
SDA
Note book dan Skin

30.   
Selasa, 10/02/2010
SDA
Adaptor dan Power supply

31.   
Rabu, 11/02/2010
SDA
Tidak ada

32.   
Kamis, 12/02/2010
SDA
SDA

33.   
Jumat, 13/02/2010
SDA
Hidrogel dan Korek

34.   
Sabtu, 14/02/2010
SDA
SDA

35.   
Minggu, 15/02/2010
SDA
Tidak ada

36.   
Senin, 16/02/2010
SDA
Tidak ada

37.   
Selasa, 17/02/2010
Install
Install windows

38.   
Rabu, 18/02/2010
Install
Install office

39.   
Kamis, 19/02/2010
Menjual
Tidak ada

40.   
Jumat, 20/02/2010
SDA
Culling ped, Flash disk dan mouse oftik

41.   
Sabtu, 21/02/2010
SDA
Mouse dan Flash disk

42.   
Minggu, 22/02/2010
Merakit
CPU

43.   
Senin, 23/02/2010
Install


44.   
Selasa, 24/02/2010
SDA


45.   
Rabu, 25/02/2010
SDA


46.   
Kamis, 26/02/2010
Merakit


47.   
Jumat, 27/02/2010
SDA


48.   
Sabtu, 28/02/2010
SDA


49.   
Minggu, 01/03/2010
Install
Install driver

50.   
Senin, 02/03/2010
Menjual
Hidrogel

51.   
Selasa, 03/03/2010
SDA
Kabel USB

52.   
Rabu, 04/03/2010
SDA
Headphone

53.   
Kamis, 05/03/2010
SDA
Mouse

54.   
Jumat, 06/03/2010
SDA
Kabel USB

55.   
Sabtu, 07/03/2010
SDA
Mouse

56.   
Minggu, 08/03/2010
SDA
Hidorgel

57.   
Senin, 09/03/2010
SDA


58.   
Selasa, 10/03/2010
SDA
Hidrogel

59.   
Rabu, 11/03/2010
SDA
SDA

60.   
Kamis, 12/03/2010
SDA
Pulpen

61.   
Jumat, 13/03/2010
SDA


62.   
Sabtu, 14/03/2010
SDA


63.   
Minggu, 15/03/2010
SDA


64.   
Senin, 16/03/2010
SDA


65.   
Selasa, 17/03/2010
SDA


66.   
Rabu, 18/03/2010
Izin/tidak ada
Izin

67.   
Kamis, 19/03/2010
SDA
SDA

68.   
Jumat, 20/03/2010
SDA
SDA

69.   
Sabtu, 21/03/2010
SDA
SDA

70.   
Minggu, 22/03/2010
SDA
SDA

71.   
Senin, 23/03/2010
Libur
Libur

72.   
Selasa, 24/03/2010
Menjual


73.   
Rabu, 25/03/2010
SDA


74.   
Kamis, 26/03/2010
SDA


75.   
Jumat, 27/03/2010
SDA


76.   
Sabtu, 28/03/2010
SDA


77.   
Minggu, 29/03/2010
SDA


78.   
Senin, 30/03/2010
SDA


79.   
Selasa, 31/03/2010
SDA


80.   
Kamis, 01/04/2010
Menjual


81.   
Jumat, 02/04/2010
Menjual


82.   
Sabtu, 03/04/2010
SDA


83.   
Minggu, 04/04/2010
SDA


84.   
Senin, 05/04/2010
Libur
Libur

85.   
Selasa, 06/04/2010
Libur
Libur

86.   
Rabu, 07/04/2010
Menjual






BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan

1.      Pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN) diselenggarakan oleh pihak SMK NEGERI LABUANG
2.      Praktek kerja industri di adakan di Makassar Sulawesi Selatan, dikarenakan lokasinya lebih berkembang maju.
3.      Praktek kerja industri ini akan berlangsung salam empat bulan berhitung mulai tanggal, 09 Januari 2010 
4.      Saya melaksanakan praktek di CV. NS Computer Khusus dipenjualan aksesoris komputer (alat-alat komputer)
5.      Di CV. NS Computer saya mendapat bimbingan dari Ir. Adymurfi, M.As dan Ir. Aswanani. A. selaku pimpinan dan penanggung jawab utama di tempat tersebut.
6.      Saya memperoleh ilmu dari beliau berdua yaitu saya dapat belajar bagaimana cara melayani costumer dengan baik.
7.      Dan pelajaran ini tidak akan saya dapatkan kecuali ditempat tersebut.   

B.     Saran/Kritikan
Saya harap praktek kerja industri tetap berjalan dan kritikan saya adalah sebelum memasukkan anak praktek ke industri harus diberikan pembekalan tertentu tentang jurusan masing-masing dan ketika anak praktek akan dimasukkan ke dunia industri lihat terlebih dahulu, apakah dunia praktek yang akan ditempatkan anak praktek sesuai dengan jurusan atau tidak.


Jadi sebagai pembimbing harus melihat keadaan dunia industri, apakah dunia industri itu cocok dengan jurusan anak praktek yang akan dimasukkan ke dunia industri, kalau cocok coba cari dunia industri lain. Karena jangan sampai anak praktek merasa sia-sia mengikuti praktek kerja industri kalau tidak sesuai dengan jurusan




LATAR BELAKANG DUNIA INDUSTRI

NS. Computer terdiri berdiri pada tahun 1996 dan bergerak di bidang IT dan pengadaan barang dan jasa. NS Computer dipimpin oleh Ir. S. Adymurfi M.As dan Ir. Aswani dengan mempunyai empat karyawan tetap.
NS. Computer beralamat di Mall Panakkukang (PS) Lantai dasar, depan Ramayana Dept. Store/Ace Hardware.


Direktur Pimpinan 



5.      LAMPIRAN

BAB I
IDENTITAS SISWA PRAKERIN

Nama                                       : YUSRANENGSI
Tempat, Tanggal Lahir           : Lapeo, 25/10/1991
Jenis kelamin                           : Perempuan
Alamat rumah                          : Para’baya
No. Telp/HP                            : 081 241 319 064
No. Induk Siswa                     : 081 34
Kelas                                       : XI.TKJ A
Sekolah                                    : SMK Negeri Labuang Kec. Camapagian
Alamat Sekolah                       : Jl. Poros Majene Desa Laliko Kec. Campalagian Kab. Pol-Mas
No. Telp/Fax                           : 081 355 438 583
Websit/e-maill                         : Yuzzhamaniest@yahoo.com
Nama orang tua                       : Johra
Pekerjaan                                 : U.R.T
No. Telp/HP                            : 081 242 100 697      


Makassar, 3 Mei 2010

Peserta Prakerin


YUSRANENGSI

0 komentar:

Poskan Komentar