Blog Archive

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Labels

Pages - Menu

Saturday, April 13, 2013

PANCASILA DALAM KONTEKS KETAATAN NEGARA

Unknown     1:08 PM    



PANCASILA DALAM KONTEKS KETAATAN NEGARA




A.    Sejarah Penetapan Pancasila Menjadi Dasar Negara
  1. Secara Etimologi
Kata pancasila berasal dari Bahasa India yakni Bahasa sansakerta (Bahasa Karta Brahmana). Menurut Prof. Muh. Yamin, dalam bahasa sansakerta kata pancasila mempunyai dua arti:
a.       Paca artinya lima
b.      Syila dengan huruf “i” biasa (pendek) artinya batu sendi, alas, atau akar.
Syila dengan huruf “i” panjang artinya peraturan tingkah laku yang penting, baik dan senonoh.
  Jadi pancasila dengan huruf “i” pendek artinya batu sendi yang lima (consisting of five rocks). Sedangkan penting pancasila dengan huruf “i” artinya lima aturan tingkah laku yang penting (five moral principles). Dalam ajaran Bhuda mereka diharuskan melaksanakan pancasila yang dikenal dengan lima aturan yang dalam bahasa aslinya disebut
“PALI” yang berarti pancasila berisi lima larangan atau pantangan:
1.      Dilarang membunuh
2.      Dilarang mencuri
3.      Dilarang berzina
4.      Dilarang berdusta
5.      Dilarang minum minuman keras

Istilah pancasila itu sendiri dipergunakan oleh Bangsa Indonesia pada zaman kerjaan Majapahit, sebagaimana yang tertulis di dalam buku kerapok kertagama karangan MPu Prapanca seorang pujangga istana. Buku tersebut selesai ditulis pada tahun 1365, si dalam bait ke 2, sarga 53 dinyatakan” Yatnaggewani Pancasyla Kertasangkarabhisekakakrana” yang artinya raja menjalankan dengan setia kelima pantangan (pancasila) itu, demikian juga dalam berbagai upacara ibadah dan dalam berbagai pengobatan.

  1. Secara Kronologis
Istilah pancasila muncul kembali dalam kehidupan Bangsa Indonesia pada masa menjelang proklamasi kemerdekaan. Istilah pancasila diperjuangkan kembali oleh Bangsa Indonesia untuk memberi nama falsafah hidup kenegaraan yaitu falsafah Negara Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945
Cara penyusunan Pancasila diawali sari perwatkan asli Bangsa Indonesia sendiri yang lahir dari adat istiadat. Kebudayaan, keagamaan, dan kepustakaan Bangsa Indonesia itu sendiri. Olehnya itu dalam proses penggarapan Pancasila menjadi dasar negara, melalui urutan waktu yang diakhiri dengan perkembangannya sebagai dasar filsafat negara.   
B.      
C.     

0 comments :

© 2011-2014 TUGAS-TUGAS KAMPUS. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.