Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis adalah interaksi yang terjadi baik secara verbal
(pembicaraan) ataupun non verbal antara pelaku bisnis dalam hal melakukan
hubungan kerja sama terhadap suatu sektor tertentu, apakah itu sektor industri,
properti dan lain-lain.
- Komunikasi Verbal
Komunikasi
verbal adalah pola komunikasi yang dilakukan oleh kedua belah atau lebih pihak
melalui pembicaraan tatap muka untuk membahas sesuatu hal.
- Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non
verbal adalah komunikasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak atau lebih
melalui cara-cara tertentu seperti dengan gerak, isyarat, mimic tertentu
ataupun melakukan tulisan dan lebih maju lagi melalui sms, chating, Fb, dan
lain-lain. Dengan tujuan apa yang disampaikan mudah untuk diterima dan
dimengerti oleh teman dalam berkomunikasi
2.
Etika
dalam Komunikasi Bisnis
- Adalah tatacara berperilaku dalam berbisnis, merupakan suatu hal yang amat penting dan berperan besar dalam melancarkan jalan suatu komunikasi/aktivitas bisnis karena saling merugikan satu sama lain karena tidak ada aturan, etika yang disepakati, maka dari itu ada yang dikatakan notaris
- Jenis-jenis etika komunikasi yang saya ketahui
- Berpakaian
rapi apabila hendak menemui relasi bisnis
- Mengagunkan
bahasa yang mudah dimengerti tidak berbelit-belit
- Cara
duduk yang benar
- Cara
menatap (kontak aye)
- Komitmen
pada perkataan
- Tepat
waktu bila buat janji
- Sepakat
dalam perjanjian tertulis didepan notaris
- Percaya
diri (PD)
3.
Negosiasi
- Pengertian Negosiasi
Negosiasi adalah: suatu aktivitas mental yang dilakukan oleh seseorang
atau kelompok orang untuk membicarakan dan membahas sesuatu hal, untuk
menemukan suatu jalan keluar dari sesuatu masalah sehingga menemukan
kesepakatan bersama (suatu komitmen)
v
kolo dalam bisnis, kesepakatan bersama berupa
-
kesepakatan harga
-
kesepakatan jangka waktu penyelesaian
-
proses pembayaran/pelunasan
-
proses penyelesaian suatu pekerjaan
-
masa generasi suatu predict atau pekerjaan, dan
lain-lain
- Peran Negosiasi
Negosiasi sangat berperan penting karena dalam proses negosiasi akan
nampak jelas masalah apa yang sebenarnya terjadi di lapangan apakah itu faktor
internal ataupun eksternal
- Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam proses negosiasi adalah:
- Mental
- Menguasai
materi yang akan dibicarakan
- Siapkan
perlengkapan penunjang sesuai materi yang akan dikaji
- Sopan
santun dan rapi
Tugas Individu
0 comments :